Friday, January 22, 2016

Mengenal Sepatu Gunung

jenis sepatu gunung








Mengenal Sepatu Gunung.

Aktifitas luar ruang terutama Hiking pada dasarnya adalah aktifitas jalan kaki yang menempuh medan bervariasi. Maka perhatian pada sepatu menjadi utama karena akan berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan perjalanan.

Sepatu gunung sekarang ini didesain cukup baik seiring dengan adanya bentuk bentuk bahan yang baru misalnya bahan tekstile sintetik yang kuat namun berfungsi sebagai sirkulasi udara. Kalau sepatu gunung dahulu didominasi oleh kulit hewan maka sekarang kulit asli itu akan di kombinasikan dengan serat sintetik. Namun kulit sintetik sekarang memiliki kualitas yang cukup bagus juga, sehingga di pasaran sekarang malah lebih sering ditemukan bahan yang seluruhnya sintetik.



Pada bagian sol yang ideal tentu saja yang memiliki kontur dalam karena akan berfungsi mencengkeram dengan baik pada medan buruk. Kualitas Sol sebetulnya sangat bervariasi terutama pada bahan sintetik. Ada bahan yang kurang lentur sehingga mudah patah bahkan rapuh. Memilih bahan sol dari bahan karet akan menjamin kelenturan.

Dari bentuknya sepatu gunung memiliki 3 jenis yaitu sepatu gunung berleher pendek, sedang dan tinggi. Jenis yang berleher sedang akan menutupi sebagian mata kaki dan berleher tinggi menutupi hampir seluruh mata kaki. sedang yang pendek mata kaki cenderung terbuka. Menggunakan salah satu jenis bentuk sepatu di atas sesuai dengan medan adalah langkah yang bijaksana. Untuk diketahui bahwa sepatu gunung berbeda dengan safety shoes untuk pekerja industri walaupun bentuk keduanya mirip. Safety shoes dirancang memiliki lapisan besi pada bagian depan dikulit dalamnya sehingga membuatnya menjadi berat, kaku dan keras, ini akan berpotensi membuat cedera ujung jari kaki.

Sepatu gunung cenderung tebal karena bantalan dalamnya dan kaus kaki yang disarankan adalah yang berbahan tebal maka dianjurkan memilih ukuran yang satu angka lebih besar dari ukuran yang biasanya kita pakai.

Merawat Sepatu gunung yang basah dengan cara menjemur langsung dibawah sinar matahari sebenarnya riskan karena akan membuat bahan menjadi keras dan kaku maka memebiarkannya di tempat yang teduh namun berangin akan lebih baik.  

No comments:

Post a Comment