Tuesday, January 19, 2016

Mengenal dan Memakai Tas Ransel

mengenal dan memakai tas ransel























Mengenal Ransel (Day Pack)

Hampir semua penggiat alam terbuka sekarang mengenal tas ransel, sebuah desain tas yang melekat di punggung yang memiliki berbagai ukuran. Ukuran yang besar digemari oleh para penggiat alam terbuka yang menyukai ekspedisi karena dapat memuat kebutuhan di alam bebas selama berhari hari.

Secara bentuk desain, tas ransel membuat tangan bebas bergerak sehingga kita lebih leluasa. Walaupun tas ini merupakan alat bantu pengangkat beban yang paling sehat karena beban yang bertumpu merata tetap ada ancaman cedera karena salah dalam penggunaannya.



Desain tas sekarang memiliki banyak setelan dari tali webbing atau komponen lain dan secara garis besar sama walaupun bentuknya kelihatan berbeda.
Yang perlu diperhatikan adalah,
  1. Pilih bahan tas yang kuat dan tidak menyerap air
  2. Pilih tali bahu yang lebar dan memiliki bantalan, juga pilih yang ukuran jarak antar tali sesuai dengan anatomi tubuh kita.
  3. Setel pita webbing pada bagian bawah dan bagian atas tali bahu. Bahwa berat bobot bawaan tas akan cenderung jatuh mendongak ke belakang maka tali webbing bagian atas akan membantu merapatkan tas dengan pundak. Sedang tali webbing bagian bawah akan membantu merapatkan seluruh bagian tas ke atas dan merapat ke punggung.
  4. Setelan tali pinggang yang sesuai akan menambah kenyamanan karena komponen ini mendekatkan beban ke pusat berat badan.
  5. Sesuaikan pengatur panjang punggung. Bagian ini adalah poros dari tali bahu dimana kita bisa menyesuaikan naik turunnya poros ini sesuai panjang punggung pemakai.
  6. Kemudian saat memakai tas usahakan meletakkan tas pada posisi yang sesuai antara puncak tali bahu dengan pundak saat kita duduk membelakanginya. Hal ini juga berarti meletakkan tas pada dudukan yang agak tinggi saat di alam bebas misalnya pada gundukan tanah, batu atau batang pohon.







No comments:

Post a Comment