Sunday, April 25, 2021

Gua Dalem Patiayam

 



Patiayam adalah wilayah perbukitan yang terletak di sebelah timur kabupaten Kudus yang berbatasan dengan kabupaten Pati. Wilayah yang kini gersang karena penggundulan hutan kebun jati itu tidak hanya menyimpan tinggalan berharga berupa kubah situs fosil prasejarah namun juga terdapat gua gua yang dianggap sakral terutama oleh para spiritualis. Gua ini berada di tengah kawasan perbukitan yang menyisakan gerumbul tanaman besar dan tua. Berada dibalik tebing yang agak menjorok yang posisinya di tengah  sungai yang kini tidak mengalirkan air. Karena letak gua yang sebetulnya lebih tepat disebut sebagai cekungan itu disisi tebing yang di atasnya mengalirkan air terjun maka gua ini dahulu berada dibelakang air terjun. Kawasan gua masih sejuk sehingga memberi kesan tenang namun tintrim sehingga sungguh tepat jika menjadi tempat kunjungan para spiritualis untuk menyepi.

Youtube : https://youtu.be/ywniuGTwnFM


No comments:

Post a Comment