Saturday, July 25, 2015

Jenis Jenis Tenda

Melakukan kegiatan alam bebas tentu merupakan kegiatan yang melelahkan, untuk itu tenda adalah tempat yang sangat baik untuk beristirahat selain sebagai tempat berlindung dari hawa dingin, panas dan hujan. Ada beberapa jenis tenda dilihat dari bentuknya demikian juga berbeda dari segi kontruksinya. Dilihat dari kontruksinya, tenda terbagi dalam 3 jenis yaitu tenda yang memanfaatkan kontruksi atau bagian alam, tenda yang memakai kontruksi tongkat dan tenda yang memakai kontruksi rangka.


























Tenda bivak adalah jenis tenda yang paling sederhana karena hanya berupa selembar kain yang bisa memanfaatkan ponco pelindung hujan atau memakai bahan berupa fly sheet yang dirancang untuk itu. Tenda jenis ini memerlukan tali, pepohonan atau tebing. Karena sederhana tenda ini mempunyai kelebihan sangat ringan dan ringkas.
















Tenda tipe prisma adalah tenda yang sering dipakai oleh anggota Pramuka sehingga sering juga disebut sebagai tenda Pramuka. Tenda ini memakai kontruksi tongkat pada kedua ujungnya, kecil dan ringan sehingga mudah dibawa.























Tenda Pyramid adalah tenda yang berbentuk meninggi karena memakai kontruksi tiang utama pada bagian tengahnya. Bentuknya luas dan meninggi memungkinkan orang yang berada didalamnya untuk berdiri sehingga merupakan tenda yang membuat penghuninya betah berlama lama didalamnya.




















Tenda Dome adalah tenda yang semakin populer di kalangan penggiat alam bebas. Terbangun dari kontruksi frame yang disambung sambung melengkung. Kelebihan tenda ini adalah memberi ruangan yang luas dan bisa dipasang hampir tanpa pasak sehingga mudah dipindah pindah.
Kelemahan utamanya adalah apabila terjadi kerusakan pada frame maka sulit untuk memperbaikinya di alam yang biasanya membawa peralatan terbatas.

Dari sekian jenis tenda memang masing masing ada kelebihan dan kekurangannya, pilihan ada di tangan anda.    

No comments:

Post a Comment